Semarang – Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) sukses meraih akreditasi Paripurna atau Bintang Lima dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI). Akreditasi paripurna merupakan predikat tertinggi yang diberikan dalam penilaian rumah sakit. Akreditasi tersebut tertuang dalam sertifikat nomor LARSI/SERTIFIKAT/006/09/2022 yang ditandatangani oleh Ketua Umum Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI) dr.Umi Sjarqiah, Sp.KFR., MKM, diberikan sebagai pengakuan bahwa RSGM UNIMUS telah memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit dan dinyatakan Lulus Tingkat Paripurna atau Bintang Lima.

“Alhamdulillah hasil akreditasi RSGM UNIMUS setelah dilakukan survey, tinjauan lapangan maupun dokumen hasilnya adalah paripurna. RSGM UNIMUS ini adalah akreditasi pertama, untuk hasilnya mencapai yang terbaik. Saya ucapkan kepada RSGM UNIMUS mudah-mudahan akreditasi ini memacu peningkatan kualitas pelayanan kesehatan utamanya terkait Gigi dan Mulut, “ ungkap Rektor UNIMUS Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd dalam sambutannya saat press conference dengan rekan-rekan media di kampus Kedungmundu.

Direktur RSGM UNIMUS drg. Dwi Windu Kinanti A., MMR turut menambahkan bahwa pihaknya bersyukur atas raihan akreditasi tersebut. “Allah selalu memberikan kenikmatan kepada keluarga besar UNIMUS khususnya RSGM UNIMUS. Kegiatan akreditasi tersebut dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 2 September 2022 secara daring yaitu kategori self assesment dokumen di pada hari pertama, selanjutnya pada tanggal 5 – 6 September 2022 dimana dua hari tersebut agendanya adalah luring akreditasi. Ada beberapa elemen unsur penilaian diantaranya wawancara pimpinan, ada unsur pasien, individual, rekam medik dan sebagainya. Di hari berikutnya kegiatannya adalah tinjauan lapangan PPK, PKBO, manajemen lainnya. akreditasi ini menjadikan RSGM ini sebagai mutu dari layanan kesehatan, “ paparnya.

Sebagai informasi, RSGM UNIMUS saat ini memiliki tenaga profesional di bidang medis dan non medis untuk menunjang pelayanan kesehatan untuk pasien. Beberapa pelayanan kesehatan meliputi Pelayanan Kesehatan Umum, Pelayanan Kesehatan Gigi Umum, Pelayanan Kesehatan Gigi Spesialis (Spesialis Bedah Mulut, Spesialis Ortodonti, Spesialis Konservasi Gigi, Spesialis Prostodonti, Spesialis Periodonti, Spesialis Kesehatan Gigi Anak, dan Spesialis Penyakit Mulut) , Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi, Pelayanan Kesehatan Gigi Terpadu, Penunjang Medis, Instalasi Rawat Inap, Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan Instalasi Bedah. RSGM UNIMUS terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan juga terjangkau untuk masyarakat di kota Semarang dan sekitarnya. Komitmen tersebut juga merupakan ikhtiar dalam mengakomodir kesadaran masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan baik itu umum maupun kesehatan gigi.

Loading

Leave a Reply

11 + nineteen =